Home Berita Terkini PKP Merubah Paradigma Pembelajaran

PKP Merubah Paradigma Pembelajaran

139
0

Dr. Elvira,
Kasubdit Peningkatan Kualifikasi dan Kompetensi, Direktorat Pembinaan Guru Dikdas

Inti Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) adalah peningkatan kualitas peserta didik melalui intervensi guru. Melalui PKP diharapkan terjadi perubahan paradigma dalam proses pembelajaran, yakni berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Dalam jangka pendek, semoga PKP bisa memperbaiki hasil ujian nasional siswa secara nasional.

PKP ini terdiri dari kegiatan guru yaitu 5 in dan 3 on sehingga berjumlah 8 kegiatan. PKP zonasi ini fokus pada peningkatan kelemahan guru dalam aspek atau materi apa pada mapelnya masing-masing. Pengalaman guru selama PKP ini juga bisa dituliskan sebagai karya tulis praktik baik untuk pengajuan angka kredit. Dengan demikian PKP memiliki fungsi ganda bahkan mungkin lebih.

PKP per zonasi dipandu oleh guru inti per mata pelajaran. Dalam kasus tertentu seorang guru inti bisa memandu dua zonasi. Pelaksanaan PKP didampingi oleh kepala sekolah dan pengawas. Mereka tidak dilepas, khususnya saat kegiatan on di sekolah masing-masing.

Bantuan pemerintah sebesar 30 juta rupiah per kegiatan atau per kelas di zonasi merupakan stimulan. Per kelas terdiri dari 20 guru sasaran. Ke depan Pemda yang mampu secara ekonomi harus menyediakan dana ini karena intinya pengembangan sumber daya manusia daerah yang bermutu.

PKP berbeda dengan PKB (Peningkatan Kompetensi Berkelanjutan). Jika PKB menitikberatkan ke guru, maka PKP sebaliknya. Pada PKP, 70 persen kegiatan untuk peserta didik, 30 persen guru. Inilah yang dimaksud perubahan paradigma: fokus pada peserta didik bukan pada guru.

Buku-buku sumber PKP berasal dari buku-buku PKB yang sudah dibedah KI-KD nya oleh para ahli sesuai keahlian mereka. Misal, titik berat pada penguatan karakter dan literasi. Buku dimaksud sudah tersedia dan siap digunakan pada kegiatan PKP di 34 provinsi. Demikian juga instruktur nasional dan guru inti.

(Editor Jejen Musfah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here