Home Berita Terkini PGRI Penuhi Dahaga Pengetahuan Para Guru

PGRI Penuhi Dahaga Pengetahuan Para Guru

3838
16

Jakarta – SuaraGuru. Di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) seperti saat ini, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd menjadikan momentum untuk bangkit melawan ketidaksiapan dan kemampuan sumber daya manusia dalam memanfaatkan teknologi.

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 112 tahun 2020, PB PGRI melaksanakan kegiatan Webinar Series bekerjasama dengan Rumah Perubahan yang dimulai sejak 2 Mei hingga 20 Mei 2020. Kegiatan ini menjadi momentum untuk terus meningkatkan mental spiritual agar mampu terus bertahan dan beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi dalam situasi pandemi covid-19.

Inagurasi Webinar Series Self Driving for Teacher - Guru Daring Milenial Rabu, 20 Mei 2020
Inagurasi Webinar Series Self Driving for Teacher – Guru Daring Milenial Rabu, 20 Mei 2020

“Dorongan dan semangat juga datang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi telah memercayakan peradaban bangsa kepada para pendidik,” kata Unifah.

“Salam dari Presiden Jokowi. Beliau menyatakan bahwa kunci memenangkan peradaban adalah memperkuat pendidikan dari para guru. Guru adalah penguat karakter bangsa, guru harus kreatif, tangguh, dan menjaga semangat gotong royong,” lanjutnya.

Turut hadir Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anis Baswedan dan Walikota Bogor Bima Arya memberikan testimoni melalui video singkat yang menyapa para penonton peserta Inaugurasi Webinar.

Anies Baswedan dalam Inagurasi Webinar Series Self Driving for Teacher – Guru Daring Milenial Rabu, 20 Mei 2020

“PGRI menjadikan kegiatan webinar berseri bekerjasama dengan Rumah Perubahan ini sebagai momentum bangkit melawan covid-19, bangkit melawan ketidaksiapan dan kemampuan sumber daya manusia dalam memanfaatkan teknologi,” ujar Unifah dalam sambutan Inaugurasi Webinar secara live di channel Youtube @PB PGRI, Rabu (20/5/2020).

Bima Arya dalam Inaugurasi Webinar Series Self Driving for Teacher – Guru Daring Milenial Rabu, 20 Mei 2020

Lebih lanjut, Unifah menyampaikan bahwa kegiatan Webinar dan lokakarya daring berseri ini diikuti 15.516 peserta dan ditonton lebih dari 400.000 viewers selama dua pekan.

Webinar Daring berseri diikuti 15.516 peserta yang terdiri dari guru/dosen/mahasiswa serta menarik penonton hingga 400.000 viewers melalui channel Youtube @PB PGRI. Hebatnya lagi tayangan selama kegiatan Webinar telah ditonton di 50 negara. Tentu saja penonton tertinggi berasal dari Indonesia, diikuti 14 negara dengan penonton tertinngi lainnya yaitu India, Amerika Serikat, Malaysia, Philipina, Vietnam, Thailand, Pakistan, Jepang, Inggris, Korea, Turki, Bangladesh, Brazil, dan Singapura.

Pemetaan Viewers Channel YouTube PB PGRI selama Webinar

“Pengurus Besar PGRI mengucapkan terima kasih atas partisipasi para guru, dosen, dan mahasiswa seluruh Indonesia, serta dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam kegiatan ini”, tutur Unifah.

Unifah melanjutkan PGRI terus berkomitmen untuk terus mengawal transformasi kehidupan new normal pendidikan pascacovid-19. Refleksi dari pandemi covid-19 bahwa peran guru tetap tidak akan tergantikan oleh teknologi, terutama dalam menanamkan pendidikan karakter.

“Namun guru yang tidak mengakrabkan diri dengan teknologi akan mudah tergantikan. Kehidupan yang terjadi di masa pandemi covid-19 menjadi dasar bahwa kehadiran sosok guru di depan kelas sangat penting dalam penanaman karakter”.

Selain itu, kerjasama antara guru dan orang tua, pemerintah dan pemerintah daerah sangat penting agar Indonesia dapat keluar dari kesulitan dan bangkit menuju kejayaan.

“Refleksi covid-19 bahwa pemerintah harus lebih memperhatikan pembangunan dan perluasan infrastruktur listrik dan teknologi internet yang menjangkau seluruh pelosok nusantara,” tutur guru besar UNJ ini.

Selain itu, Unifah berharap agar pemerintah dapat memaksimalkan peran PGRI sebagai Organisasi Profesi dan peran Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam meningkatkan kompetensi para pendidik di seluruh tanah air.

PGRI sebagai organisasi profesi akan terus berkomitmen meningkatkan kompetensi para pendidik melalui berbagai kegiatan pengembangan keprofesianalan berkelanjutan.

Bukti keseriusan PGRI adalah akan mengadakan webinar dan lokakarya daring berseri batch dua yang direncanakan berlangsung awal Juni 2020, mengingat animo dan antusias yang begitu besar dari para guru, dosen, tenaga pendidik serta mahasiswa.

Tim Teknis Inagurasi Webinar Series Self Driving for Teacher – Guru Daring Milenial

Berdasarkan input dan evaluasi kegiatan, para peserta sangat puas dengan materi yang disampaikan serta pelayanan yang sangat luar biasa dari tim panitia.

Yuni Shara dalam Inagurasi Webinar Series Self Driving for Teacher – Guru Daring Milenial Rabu, 20 Mei 2020

Acara yang resmi dibuka pada momentum Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020 lalu, kini resmi ditutup dengan acara Inaugurasi pada 20 Mei 2020 tepat di Hari Kebangkitan Nasional. Dimeriahkan pula oleh artis ternama tanah air seperti Yuni Shara, Harvey Malaiholo, Tetty Kadi, Rafika Duri, Lisa A. Riyanto, Vien Is Haryanto, Leona (The Voice), Samuel (AFI), dan Yudhi (Idol).

Reporter: Wdy, editor: Catur NO.

16 COMMENTS

  1. alhamduliah itulah yang saya lakukan saat ini, walaupun masih banyak kekurangannya, tapi paling tidak sudah berusaha..

    Untuk mbak Widya Ningsih .
    Terimakasih atas waktunya buat saya dan kawan kawan saya..

    Salam dari Bintan. Kepulauan Riau.
    SDN007 Seri Kuala Lobam.

  2. Terima kasih untuk para pemateri Hebat’, melalui Webinar ini, kami bisa menambah ilmu. dan Puji Tuhan, Walaupun saya dari bibir Pasifik berbatasan langsung dgn Negara tetangga Philippines, namun tidak menjadikan Penghalang mengikuti Webinar hebat…. kadang jaringan kami tidak baik karena sering mati lampu seharian, akan tetapi semangat mencari ilmu tidak Padam, dan pengalaman yang paling indah bagiku adalah, ketika aku mengotak-atik laptop, sampai Heng karena baru’ pemula di dpn laptopnya ?
    PGRI ttp Abadi untuk menjadikan guru yg hebat dan menciptakan Anak-anak yg berkualitas…
    Harapan saya kedepannya ttp diadakan webinar ini, dan jangan lupa masukkan pula pendidikan PAUD,
    Terimakasih…dari saya : ALPRINCE PARASO,S.Pd
    Guru TK Dharma Melonguane Kabupaten Talaud Provinsi Sulawesi Utara ????

    • Terima kasih pula atas partisipasi dan semangatnya yang luar biasa. Dari 10 peserta terbaik, kemarin 2 orang adalah pendidik di TK. Terima kasih atas masukannya. Tetap semangat.

  3. Terima Kasih PGRI..Pusat…atas acara yg spektakuler..yang telah membuat terobosan luas biasa ditengah kami haus akan ilmu..ditengan wabah Qovid 19 PGRI tetep terdepan..memberikan bekal ilmu bahi kami guru guru di Seluruh Indonesia…Reima Kasih Buat Pantia dan seluruh Pemberi MaTeri yg luar biasa…moga dengan ilmu yg telah diberikan pada kami bisa kami terapkan didaerah.kami madsng masing ..

    Salam Hirmat Kami
    Akhmad Yani.Dari SMP Negeri 1 Pulau Derawan,Berau,Kalimantan Timur.

    • Salam Hikmat dari Redaksi dan panitia webinar untuk bapak sekeluarga. Saya pernah 3 kali ke Pulau Derawan saat bertugas menjadi guru di SMP Perguruan Cikini Kiani, Mangkajang Berau tahun 2000 an. Derawan adalah pulau yang indah. Tetap Semangat

  4. Terima kasih tak terhingga sy ucapkan kepada ibu ketua umum PGRI pusat ibu prof unifah beserta PB PGRI atas kerja keras n usahanya sehingga terlaksananya webinar n workshop. pemateri2 yg luar biasa hebatnya. Yang tak kalah hebat prof Eko beserta timnya yg selalu sigap dlm setiap tayangan. Saya n teman2 guru.menanti webinar jilid 2 bravo PGRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here