Home Berita Terkini PGRI Kota Jakarta Timur Mengadakan Kegiatan Peningkatan Profesionalisme Guru

PGRI Kota Jakarta Timur Mengadakan Kegiatan Peningkatan Profesionalisme Guru

339
0

Sumber foto: Didi Suprijadi

Oleh: Dr. Didi Suprijadi
Ketua PB.PGRI

Temu ilmiah pengembangan keprofesian berkelanjutan begitu judul yang terpampang di spanduk depan pintu gerbang masuk SMP 157 Jakarta Timur. Spanduk besar itu merupakan tanda bahwa ada kegiatan pelatihan penulisan ilmiah dan diseminasi hasil Penelitian Tindakan Kelas(PTK) di SMP Negeri 157 yang dilaksanakan oleh pengurus PGRI Kota Jakarta Timur.

Menjadi guru profesional melalui pelatihan PTK secara mandiri, dilaksanakan Jumat dan Sabtu tanggal 22-23 Februari 2019 diikuti 80 orang guru-guru se-Jakarta Timur. Menurut ketua pelaksana Syamsu Hadri yang sekaligus sebagai sekretaris pengurus PGRI Kota Jakarta Timur, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat serta meningkatkan kompetensi guru agar sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan pemerintah.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua pengurus PGRI Kota Jakarta Timur, Bapak Carman. Dalam sambutan pembukaannya Emon begitu biasa dipanggil, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan merupakan salah satu program pengurus PGRI sebagai sifat organisasi profesi. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah guru-guru yang sudah berpengalaman menulis, meneliti, dan membuat laporan penelitian. Tiga orang narasumber adalah ibu Lili dari SMPN 157, Bapak Rahman dari SMPN 99 dan ibu Sri Nurhidayati dari SMAN 88. Menurut salah satu peserta, Oman dari SMP 237 mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena memberikan penambahan keterampilan dalam menulis, meneliti, dan membuat laporan. Dalam acara ditampilkan 11 kelompok peserta yang telah selesai melakukan penelitian tindakan kelas.

Menurut panitia, kegiatan ini akan dilakukan terus melalui organisasi profesi PGRI. Dalam kesempatan lain, ketua PB PGRI, Dr. Didi Suprijadi mengatakan bahwa PGRI sebagai sebuah organisasi profesi wajib hukumnya memberikan pelatihan kepada anggotanya dalam hal peningkatan kemampuan keprofesiannya. Pelatihan semacam ini bukan hanya dilakukan hanya karena penelitian dan pembuatan karya tulis ilmiah sekaligus pelaporannya untuk kenaikan pangkat saja, akan tetapi pelatihan ini sebagai wadah dan wahana untuk peningkatan profesionalisme guru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here