Home Berita Terkini Jangan Hina Pengawas Sekolah!!!

Jangan Hina Pengawas Sekolah!!!

894
0

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Ketua PB PGRI)

Bagi Saya pengawas sekolah itu sangat-sangat penting. Bahkan Saya sempat dialog dengan sejumlah calon pengawas SMA/SMK/SLB di Disdik Jawa Barat. Tepatnya di Grand Lembang Hotel Bandung. Saya katakan, “Menjadi pengawas adalah sebuah kehormatan”.

Selain itu, istri Saya adalah seorang kepala sekolah. Sampai saat ini Ia bercita-cita ingin menjadi pengawas sekolah. Istri Saya sangat mendambakan menjadi seorang pengawas sekolah. Pengawas sekolah baginya adalah profesi yang lebih “merdeka” untuk memberi kontribusi pemikiran pada dunia pendidikan.

Membaca sebuah narasi mungkin hoaxs yang tersebar di WA sungguh miris. Ada ungkapan yang intinya merendahkan derajat para pengawas sekolah. Padahal kami di PGRI justru sedang memperjuangkan para pengawas sekolah agar menjadi profesi terhormat. Bahkan tunjangan pengawas sekolah harus paling besar.

Suatu saat menjadi pengawas sekolah akan makin sulit dan selektif. Hanya kepala sekolah yang berprestasi yang bisa menjadi seorang pengawas sekolah. Bukankah idealnya pengawas sekolah harus lebih kompeten dari para guru dan kepala sekolah? Bukankah tuntutan kompetensi pengawas sekolah lebih banyak dari guru dan kepala sekolah?

Saat ini untuk menjadi pengawas sekolah itu tidak mudah. Minimal harus berpengalaman menjadi guru selama 8 tahun. Minimal sudah menjadi kepala seolah satu periode (4 tahun). Tidak mudah menjadi pengawas! Narasi merendahkan derajat dan kepala sekolah sangatlah tak elok.

Tersebarnya WA yang bernarasi merendahkan derajat seorang pengawas sekolah sangat disayangkan. Saya yakin itu bukan dari seorang pejuang organisasi profesi guru. Mungkin hoaxs yang menjelekan dirinya. Saya yakin seterbatas apa pun wawasan kita apalagi pengurus organisasi profesi guru, pasti akan memuliakan guru, pegawas dan kepala sekolah!

Bila benar ada kata kata, “Jabatan pengawas dihapuskan hingga jumlah guru yang dibutuhkan mencukupi”. “Keberadaan pengawas sekolah untuk sementara bisa diabaikan”. Bila ini benar maka sangat disayangkan. Bila hoaxs? Ya wajar saja namanya juga hoaxs!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here