Home Berita Terkini BPLP PGRI Senantiasa Menjadi Media Bagi PT PGRI Dalam Meningkatkan Mutu

BPLP PGRI Senantiasa Menjadi Media Bagi PT PGRI Dalam Meningkatkan Mutu

230
0

SuaraGuru-Jakarta. PGRI melalui Badan Pembina Lembaga Pendidikan (BPLP) Persatuan Guru Republik Indonesia terus melakukan pembinaan terkait kebijakan dan proses akreditasi terhadap perguruan tinggi PGRI se-Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan guna menambah pemahaman mengenai poin-poin apa saja yang termasuk dalam penilaian akreditasi.

Kegiatan ini mengangkat tema “Workshop Penyususnan Laporan Eavaluasi Diri (LED) dan LKPS/LKPT Akreditasi (9 Kriteria)” diadakan di Gedung Guru Indonesia, Jln Tanah Abang 3/24 Jakarta Pusat, 5-7 Februari 2020. Acara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal PB PGRI Drs. H. M. Ali Arahim, M.Pd., Rabu (5/2/2020).

Seusai pembukaan, workshop dilanjutkan oleh pemateri Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc., Ph.D selaku Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT). Basaruddin menyampaikan terkait kebijakan dan proses akreditasi. “Jika membahas akreditasi, tentu memerlukan adanya pemahaman mengenai akreditasi. Akreditasi adalah bagian dari sistem penjamin mutu (SPMI dan SPME) dengan tujuan meningkatkan mutu secara berkelanjutan”, tandas Basaruddin.

Lebih lanjut Basaruddin menjelaskan kini mutu dinilai secara sistemik dari perspektif stakeholder, untuk spektrumnya terdiri dari input, proses, output, dan outcome. Dalam proses akreditasi perlu adanya assesmen dan monitoring sehingga menghasilkan status atau peringkat akreditasi yang bersifat dinamis.

Peserta terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti pemaparan yang disampaikan narasumber, ditambah lagi dengan kehadiran Ibu Ketum PB PGRI Unifah Rosyidi saat acara tengah berlangsung. Kehadiran Ibu Unifah membawa energi positif bagi seluruh peserta. Setelah Ibu Unifah datang dan menyapa peserta workshop, mereka terlihat lebih fokus mendengarkan arahan serta nasihat yang Ibu Ketum sampaikan.

Hingga selesai istirahat makan siang pun memangat untuk melanjutkan kegiatan tak kunjung pudar. Peserta workshop sangat disiplin waktu dan melanjutkan pemaparan selanjutnya yang disampaikan oleh Prof Jhony. Tim Instrumen BAN-PT Universitas Indonesia, Prof. Dr. Jhony Wahyuadi Sudarsono menjelaskan mengenai strategi penyusunan Laporan Evaluasi Diri Akreditasi Program Studi (LED) APS.

Masing-masing peserta telah menyiapkan instrumen borang akreditasi yang nantinya akan dipelajari bersama dengan Prof. Jhony. Kegiatan hari pertama berakhir pukul 17.30 dan dilakukan sesi foto bersama Ketum PB PGRI, Pengurus BPLP, narasumber dengan para peserta. (Wdy/CNO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here