Home Berita Terkini Apa Bedanya TK dan PAUD?

Apa Bedanya TK dan PAUD?

210
0

Apa bedanya sih PAUD dan TK? Tanya seorang ibu yang ingin anaknya bersekolah di TK. Ketika mendengar perbincangan antarorangtua yang memiliki putra-putri dan ingin bersekolah sebelum memasuki Sekolah Dasar, memang terjadi salah kaprah di masyarakat yang sudah berlangsung bertahun-tahun tentang TK dan PAUD. Seolah keduanya jenjang pendidikan terpisah.

Menelisik Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), khususnya mengenai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) disebutkan bahwa
PAUD itu jenjang pendidikan sama juga dengan pendidikan dasar. Pendidikan dasar terdiri dari SD dan SMP. Jenjang Pendidikan Menengah terdiri dari SMA/SMK.

Begitu juga PAUD. Dalam PAUD terdapat TPA(usia anak 0-2 tahun), Kelompok Bermain(usia anak 2-4 tahun), dan Taman Kanak-Kanak atau TK (usia anak 4-6 tahun).
Usia 4-6 tahun itu jenjang PAUD formal. Pembagian tersebut jelas tertera di Undang-Undang Sisdiknas dan Undang-Undang guru dan dosen (TK/RA).

Taman Kanak-kanak memiliki sejarah panjang sebelum lahirnya jenjang PAUD dalam Sisdiknas. Menurut Ibu Farida Yusuf, M.Pd. Ketua Umum PP IGTKI PGRI Pusat, sebelum ada jenjang PAUD, sudah ada TK dan kelompok bermain. Setelah PAUD masuk dalam Sisdiknas, pengelolaan TK menjadi satu di bawah direktorat TK dan SD. PAUD menyebutkan kelompok bermain. Tahun 2011, pengelolaan TK dan Kelompok bermain(PAUD) di bawah direktorat PAUD. Dulu, Taman Kanak-Kanak(TK) terdiri dari TK 0 besar dan 0 kecil. Setelah itu, TK A, B, C. TK A untuk kelompok bermain, sehingga masa pendidikan di TK menjadi tiga tahun. Tahun 1994, terdapat pembagian TK A (untuk usia 4-5 tahun), TK B (untuk usia 5-6 tahun). Sekarang ini, untuk usia 5-6 tahun wajib belajar adanya di TK.

Jadi salah kaprah jika menyebutkan PAUD dan TK seolah sebagai dua jenjang berbeda. TK/RA ya PAUD. Tepatnya TK/RA adalah PAUD formal. Sudah saatnya para pemangku kepentingan meluruskan salah kaprah di masyarakat ini sehingga penyebutan TK beda dengan PAUD tidak akan ada lagi. Ingin penjelasan lebih lengkap bahwa TK adalah PAUD? Silakan dicek dalam UU sisdiknas dan memahaminya.

Salam Solidaritas!
CNO untuk Suaraguru, 4 Januari 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here