Home Berita Terkini SDN Batu Ampar 11 Pagi Adakan Education Field Trip

SDN Batu Ampar 11 Pagi Adakan Education Field Trip

492
0

Suara Guru-Jakarta. Seperti kita ketahui kegiatan pembelajaran di sekolah macam – macam bentuknya, selain melakukan aktivitas belajar di dalam kelas, terdapat juga pembelajaran di luar kelas atau melakukan kunjungan ke objek – objek pembelajaran, yang biasa dikenal dengan studi lapangan atau sering disebut dengan Education Field Trip.

Dengan mengusung model pembelajaran luar kelas tersebut diatas, SDN Batu Ampar 11 Pagi Jakarta mengadakan Education Field Trip ke Planetarium Jakarta serta Monumen Nasional (Monas). Kunjungan pada kedua objek tersebut dimaksudkan untuk menambah wawasan sejarah, menambah ilmu pengetahuan peserta didik dan menumbuhkan rasa nasionalisme.

Kegiatan kali ini hanya diikuti oleh siswa/i kelas V dan VI sebanyak 130 orang, dan dilaksanakan pada hari selasa (10/9) dipimpin langsung oleh Kepala SDN Batu Ampar 11 Pagi N.W.G WINANGSIH, M.Pd. serta Wakasek Hj. Siti Rodiyah, S.Pd koordinator perjalanan. Selain itu turut serta mendampingi siswa/i para guru kelas diantaranya; Wali kelas VI A Hamidah, S.Pd., Wali Kelas VI.B Tahmi Yanuar, S.Pd., Guru PJOK/Olah Raga Adi Gunaryadi, S.Pd., dan perwakilan pengurus komite sebanyak 5 orang.

Dalam pelaksanaannya, SDN Batu Ampar 11 Pagi bekerja sama dengan Pemda DKI khususnya Unit Pelaksana Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Kerjasama tersebut berupa pengadaan angkutan bus sekolah sebanyak 4 unit bis sebagai penunjang transportasi kegiatan siswa/i mengunjungi objek – objek belajar yang telah ditentukan sebelumnya. Penggunaan bis ini merupakan salah satu fasilitasi yang memang sudah di canangkan oleh Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta. Bis yang digunakan para peserta sangat laik, dilengkapi dengan pendingin udara serta TV dan ditambah dengan pelayanan dari awak bus yang menyenangkan.

Pada kunjungan pertama ke Planetarium Jakarta para siswa diajak untuk mencermati serta mencatat berbagai macam objek yang dipajang di dalam planetarium untuk nantinya dibuatkan laporan hasil pengamatannya. Selain itu mereka juga diarahkan untuk mencari beberapa objek tertentu yang sebelumnya sudah diinformasikan oleh masing-masing gurunya. Dan pada kunjungan kedua Monumen Nasional hal yang tak jauh berbeda juga dilaksanakan oleh para siswa.

Kegiatan semacam ini memang layak untuk terus dilaksanakan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah – sekolah, karena terbukti siswa/i sangat antusias dalam mengikuti kegiatan semacam ini serta membangun sifat kritis dan keingintahuan mereka. (Tahmi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here