Home Berita Terkini Semarak HUT ke-74 RI di Gedung Guru Indonesia PB PGRI

Semarak HUT ke-74 RI di Gedung Guru Indonesia PB PGRI

59
0

 

Perayaan HUT ke-74 RI berlangsung semarak di Gedung Guru Indonesia (GGI) kantor PB PGRI, Jalan Tanah Abang 3/24, Jakarta Pusat, Sabtu 17 Agustus 2019. PB PGRI melibatkan para siswa SMK Hang Tuah sebagai petugas pengibar bendera. SMK Hang Tuah sebagai bagian dari keluarga besar TNI AL, tampil apik dan gagah dalam menjalankan tugas mengibarkan Sang Saka di GGI. Menurut Ketua Umum PB PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi, perayaan HUT RI kali ini lebih semarak dengan kehadiran para guru dan siswa dari SMP/SMK PGRI di sekitar Tanah Abang. Para pengurus PB PGRI dan para karyawan di lingkungan PB PGRI juga tampak hadir menyemarakkan acara.

Tepat pukul 07.30 WIB upacara dimulai, dengan inspektur upacara Ketua Umum PB PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. Dalam sambutan pembuka sebelum membacakan teks sambutan resmi dari Mendikbud RI, Ibu Unifah menyampaikan peran guru dalam kemerdekaan sangat penting karena ikut memanggul senjata mengusir para penjajah. PGRI yang berdiri 100 hari setelah proklamasi kemerdekaan mengambil bagian penting dalam memerjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan demi tegaknya NKRI bahkan hingga saat ini.

Lebih lanjut dikatakan Bunda Uni (panggilan akrab Prof.Dr. Unifah), bahwa di era globalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi, guru memegang peranan penting dalam mencerdaskan masyarakat. Literasi yang harus dikuasai peserta didik bukan dalam arti sempit, yaitu sekadar membaca, menulis, dan berhitung. Literasi dalam arti luas tentang memahami segala pengetahuan hingga menelaah segala informasi yang masuk sehingga mampu mencerdaskan masyarakat. Guru harus menahan diri di era luasnya penggunaan media sosial saat ini, agar tidak terkena jeratan pasal UU ITE. Guru perlu memiliki kecerdasan dalam menggunakan media sosial sehingga pemanfaatannya nyata hanya untuk menambah kapasitas dirinya dan menunjang kerja profesionalnya sebagai pendidik.

Pembangunan sumberdaya manusia menjadi sektor penting yang diperhatikan pemerintahan Jokowi jilid kedua. PGRI mendukung penuh upaya pemerintah dan sebagai mitra strategis, siap membantu meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) Indonesia. Era revolusi industri 4.0 menuntut segala bidang segera beradaptasi melakukan perubahan. Menghadapi tantangan eksternal yang semakin kompetitif, dibutuhkan SDM yang unggul dan mampu bersaing dengan SDM bangsa lain di dunia. Dengan SDM unggul, maka Indonesia maju, demikian kalimat penutup sambutan Mendikbud, Prof. Dr. Muhadjir Effendy yang dibacakan inspektur upacara.

Hadirnya petugas upacara dari SMK Hang Tuah dan SMP/SMK PGRI terdekat di sekitar Tanah Abang menunjukkan bahwa PGRI ingin berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak. Menurut Kolonel Yayat Ruhiyat, dari TNI AL yang hadir dalam upacara di GGI, bahwa pihaknya sangat senang dapat dilibatkan membantu kesuksesan pelaksanaan acara peringatan HUT ke-74 RI di PB PGRI. Menurut Yayat, diharapkan ke depannya dapat berlangsung terus berbagai kerjasama dengan PB PGRI.

Jakarta, 17 Agustus 2019
/CNO/
Redpel Suara Gur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here