Home Berita Terkini Seminar Nasional dan Lokakarya Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran, FKG IPS PGRI

Seminar Nasional dan Lokakarya Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran, FKG IPS PGRI

96
0

Sabtu 27 Juli 2019 bertempat di Gedung Ruhul Rahayu Kantor Gubernur Kalimantan Timur sebanyak 229 Guru se-Kalimantan Timur mengikuti kegiatan Seminar Nasional dan Workshop “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Era Milenial”.

Wakil Gubernur Kalimantan Timur membuka kegiatan Semiloka FKG IPS PGRI

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Guru IPS Nasional PGRI (FKG IPS PGRI Wilayah Kalimantan Timur) bekerjasama dengan Provinsi Kalimantan Timur menghadirkan narasumber: H. Hadi Mulyadi, S.Si., M.Si. (Wakil Gubernur Kalimantan Timur), H. Djoko Iriandono, SE., MA. (Wakil Ketua PGRI Kalimantan Timur) dan Wijaya, S.Pd., M.Pd. (Ketua Umum PP FKG IPS Nasional PGRI).

Kegiatan yang menerapkan pola In-on yang dilanjutkan dengan pembelajaran melalui media daring selama 10 hari ke depan.
Dalam kesempatan ini, Hadi Mulyadi menyampaikan bahwa tugas guru bukan hanya mengajar akan tetapi lebih utama adalah mendidik, tepatnya mendidik dengan cinta. Selalu mengupdate dan meng-upgrade Kompetensi terlebih dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran yang akhirnya mampu melahirkan generasi emas sebagai bonus demografi 2045.

Wagub Kaltim, Pengurus PGRI Kaltim, dan narasumber Semiloka

Berbeda dengan Hadi, narasumber kedua, Djoko menyampaikan materi terkait dengan tugas pokok dan fungsi guru termasuk beban kerja dan penilaian angka kredit. Guru perlu menerapkan pembelajaran yang mampu mengasah dan membentuk kemampuan 4K sebagai tantangan Pembelajaran abad 21. Sembari memutar video singkat Gubernur DKI mengenai pentingnya membentuk akhlak, kemampuan berpikir kritis dan literasi.

Sesi akhir dilanjutkan dengan workshop pemanfaatan HP sebagai sumber, media dan gawai Penilaian Pembelajaran oleh Wijaya. Peserta dengan antusias mempraktekkan materi yang bertalian dengan pemanfaatan Smartphone berbasis Android untuk penilaian. Acara yang dimulai dari jam 8 dan berakhir jam 17 ditutup dengan quiz online dengan reward bagi peserta yang meraih nilai tertinggi.

Wijaya/CNO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here