Home Berita Terkini Diseminasi Pelatihan Menulis Wikipedia, kerjasama PB PGRI dan Wikimedia

Diseminasi Pelatihan Menulis Wikipedia, kerjasama PB PGRI dan Wikimedia

145
0

Sebagai tindak lanjut dari Training of Trainers Wikipedia kerjasama PB PGRI dan Wikimedia, Sabtu 4 Mei 2019 telah dilaksanakan imbas hasil pelatihan kepada guru-guru anggota PGRI Kab.Bogor. Pelatihan berlangsung di dua tempat, yaitu SMP PGRI Cibinong dan SMP PGRI Cibungbulang diikuti sekitar 20 guru tiap tempat (total 40 guru). Guru-guru yang dilatih berasal dari semua jenjang (SD, SMP,  SMA/SMK) sebagai utusan tiap cabang PGRI di Kabupaten Bogor. Sebagai narasumber kegiatan adalah Catur Nurrochman Oktavian (pengurus APKS PGRI Pusat) dan Endang Setyaningsih (Pengurus AGP PGRI). Para peserta dikenalkan dengan tata cara penulisan di Wikipedia, ensiklopedia bebas yang jejaringnya terdapat di seluruh dunia.

 sumber foto: Idrus Wirdaus PGRI Kab.Bogor

Menurut Dadang Suntana, Ketua PGRI Kab.Bogor yang membuka kegiatan di SMP PGRI Cibungbulang, guru-guru harus terus berliterasi. Guru-guru dapat memanfaatkan Wikipedia sebagai sarana digital, tidak hanya mengunduh kontennya tetapi juga sebagai pengisi konten untuk menyebarkan pengetahuan yang bermanfaat bagi sesama. Lebih lanjut dikatakan Dadang, bahwa di era revolusi industri 4.0, pemanfaatan media digital menjadi sangat penting sebagai sarana yang membantu para guru dalam memajukan dunia pendidikan.

 narasumber dari APKS (AGP) PGRI Pusat

Sumber foto: Catur N.

Dalam pemaparan pelatihan yang berlangsung hingga siang hari, Catur Nurrochman Oktavian, selaku pengurus APKS PGRI Pusat, menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut pelatihan di Jakarta, kerjasama PB PGRI dengan Wikimedia Foundation. Dalam paparannya, Catur dan Endang mengenalkan dan mengajarkan dasar-dasar menulis artikel di Wikipedia. Sebagian besar waktu pelatihan digunakan untuk praktik langsung menulis dengan memanfaatkan jaringan internet dan dan laboratorium komputer yang tersedia di SMP PGRI Cibinong dan SMP PGRI Cibungbulang.

Reportase by Catur Nurrochman O

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here