Home Berita Terkini Training of Trainers Menulis di Wikipedia, kerjasama Wikimedia dan PGRI

Training of Trainers Menulis di Wikipedia, kerjasama Wikimedia dan PGRI

110
0

Oleh: Meynia, peserta pelatihan wikipedia-PGRI, guru SDN di Tangerang

Pertemuan ketiga TOT bersama Wikimedia minggu ini, menghadirkan narasumber Ivan Lanin, seorang pendiri Wikipedia Indonesia. Kali ini kami belajar tentang kaidah berbahasa dan penerjemahan konten di Wikipedia bahasa Indonesia.

 sumber foto: TOT Wikimedia-PGRI

Ivan Lanin adalah seorang pakar internet Indonesia. Ia dikenal sebagai seorang aktivis yang menganjurkan penggunaan bahasa Indonesia baku serta memperkenalkan padanan Indonesia dari istilah-istilah asing antara lain di beberapa situs web seperti Facebook dan Twitter.

Seorang yang memiliki latar belakang pendidikan teknik kimia, mampu menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Kecintaannya terhadap bahasa Indonesia tumbuh ketika ia mulai mengenal Wikipedia.

Penyajian materi yang diberikan dengan lugas dan mudah dipahami mampu membuat kami hanyut dan terpukau. Materi yang diberikan Wikipedia kali ini merupakan modal dasar yang harus dikuasai oleh seorang penulis.

sumber foto: TOT Wikimedia-PGRI

Sedetik pun aku tak ingin melewatkan sesi ini. Ilmu yang kudapat ini sangat berharga. Sebuah rezeki tak terduga.¬† Beberapa kali Ivan Lanin dengan guyonannya berkata ” Insaflah dan kembali ke jalan yang benar.” Begitu beliau berkata ketika kami menyimak materi yang beliau berikan. Karena ternyata selama ini, kita belum menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Banyak kata yang kita pakai dalam berkomunikasi terutama tulisan, belum baik sesuai konteks dan benar sesuai kaidah.

Dengan materi keterampilan bahasa, ragam bahasa, kaidah bahasa, rujukan bahasa, dan penerjemah konten. Kami belajar bagaimana membuat sebuah kalimat baku. Kalimat yang kita pakai dalam sebuah tulisan harus jelas dan mengandung unsur subjek, predikat, objek, dan keterangan.

Karena kalimat yang digunakan dalam artikel wikipedia harus menggunakan ragam bahasa resmi, jadi kami harus menghindari kalimat lebay. Begitu menurut Ivan Lanin. Sebenarnya materi ini sudah dan sering aku dapatkan dari beberapa penulis senior selama ini. Seperti Pak Edi Prasetyo yang tak pernah jemu selalu mengingatkan setiap ada salah dalam penulisan kata. Begitu juga Bunda Mien, pada tulisanku kemarin. Kata sangsi yang kupakai dalam sebuah kalimat, ternyata salah.

Untuk itu, Ivan Lanin membahas tuntas dan menganjurkan agar kita selalu menggunakan KBBI sebagai rujukan dalam menulis. Luar biasa ilmu yang telah beliau berikan. Semoga berkah dan dapat bermanfaat.

Bangga berbahasa Indonesia. Terima kasih PGRI dan Wikipedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here