Home Berita Terkini MASIH ADA GURU YANG BELUM BER NUPTK

MASIH ADA GURU YANG BELUM BER NUPTK

198
1

“Bagaimana kami mendapatkan kesejahteraan sebagai guru,karena sudah 10 tahun mengajar NUPTK saja belum punya”  keluh salah seorang guru di SD Al Hilal saat Ketua PB PGRI Didi Suprijadi berkunjung  ke Sekolah dalam rangka sosialisai Kartu Pekerja Jakarta ( KPJ ). SD Islam AL Hilal yang beralamat di jalan raya Bekasi km 25 Gempol Cakung Jakarta Timur ini berhalaman luas satu kompleks dengan beberapa lembaga pendidikan islam lainnya. Sekolah Dasar Islam Al Hilal adalah sekolah dasar dengan misi memberikan pendidikan dasar agama sebagai landasan hidup, didirikan pada tanggal 17 Februari 1983 oleh KH Muhammad Anawa dibawah naungan penyelenggara Yayasan Pendidikan Islam

Apa Itu NUPTK? NUPTK adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, adalah nomor yang diberikan kepada setiap individu yang sedang bekerja sebagai pendidik dan tenaga kependidikan formal maupun non formal yang bersifat unik secara nasional.

Tata cara untuk mendapatkan  NUPTK adalah,Pertama Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK) mengisi profil NUPTK dengan lengkap di sekolah induknya, Kedua,Pengentrian data ke program aplikasi SIMNUPTK , Ketiga,Vailidata dan verifikasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kota lalu mengirimkan data ke LPM.Keempat ,Setelah itu menunggu  proses penomoran oleh Ditjen PMPTK di  Jakarta

Untuk mendapatkan NUPTK setiap PTK tidak dikenakan beban biaya (GRATIS) hanya saja wajib mengisi Format Instrumen NUPTK dengan lengkap dan benar serta di entri kedalam data base Sim-NUPTK, keberhasilan PTK mendapat NUPTK bergantung pada cara pengisian oleh PTK dan entri data oleh  sekolahnya masing-masing.

Banyak manfaat dengan PTK mempunyai nomor unik yaitu disamping membantu dalam proses penentuan data calon peserta sertifikasi Guru, NUPTK juga dapat dijadikan sebagai pencarian data bagi pelaksanaan program-program lainnya, misalnya : kualifikasi, peningkatan kompetensi tunjangan kemaslahatan, dan sebagainya.

Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang belum memiliki NUPTK akan berimbas kepada yang bersangkutan kesulitan, manakala diperlukan untuk berbagai persyaratan dalam kegiatan di dunia persekolahan, misalnya untuk mengikuti program sertifikasi guru syarat utamanya adalah NUPTK. Perlu diketahui bahwa Guru  baik sekolah negeri dan maupun swasta yang bersertifat pendidik akan mendapatkan  tunjangan fungsional  berupa penghasilan sebesar sebulan gaji.

Cerita Guru guru yang belum sejahtera pada umumnya  kemungkinan  salah satu penyebabnya adalah Guru gurunya belum bersertifikat pendidik, dengan tidak bersertifat pendidik,maka guru belum merasakan penghasilan tambahan dari tunjangan funsional. Belum  punya nomor unik  itulah  salah satu penyebab belum bisanya guru guru mengikuti program sertifikasi pendidik.

Tertundanya pemberian nomor unik bagi guru guru kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal,Pertama data data guru sebagai syarat pembuatan nomor unik tidak lengkap.Kedua  kurangnya pengetahuan dan informasi tentang NUPTK bagi pengelola sekolah, Ketiga ketrampilan operator sekolah sangat menentukan keberhasilan program penomoran unik bagi pendidik dan tenaga kependidikan.

Salah satu bentuk kesejahteraan bagi guru swasta adalah penghasilan bulanan dari yayasan penyelenggara,untuk menambah  kesejahteraan guru guru swasta pemerintah provinsi DKI memberikan program bantuan dana hibah tiap bulannya sebesar 500 ribu rupiah melalui PGRI DKI Jakarta. Disamping dana hibah pemerintah provinsi juga memberikan kemudahan bagi pekerja dan guru guru honorer dan swasta untuk membeli sembako dan biaya gratis Transjakarta melalui Kartu Pekerja Jakarta ( KPJ ). (Didi Suprijadi)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here