Home Berita Terkini Guru Jepang Mengajar di DKI Jakarta

Guru Jepang Mengajar di DKI Jakarta

73
0

Oleh: Dr. Didi Suprijadi, Pemimpin Umum Majalah Suaraguru, Ketua PB.PGRI

Nishiyama Hirofumi guru bahasa Jepang dengan seragam biru khas guru-guru di DKI sedang berdiskusi dengan salah satu guru dengan menggunakan bahasa Jepang di ruang guru SMA 81 Jakarta. Setelah diamati dari dekat ternyata keduanya adalah sama-sama Guru pengajar Bahasa Jepang hanya saja satu Guru pengajar resmi bahasa Jepang yaitu pak Rudi dan satunya lagi guru pengajar bahasa Jepang sebagai relawan yaitu Nishiyama Hirofumi. SMAN 81 Jakarta Timur melaksanakan program pertukaran budaya Indonesia Jepang. Program ini dinamakan Nihongo Partners, yaitu lembaga yang mengelola guru-guru sebagai relawan yang membantu mengajar bahasa Jepang di Indonesia. Nishiyama begitu pak Guru ini dipanggil oleh teman sejawatnya, bekerja sejak bulan Agustus 2018 sampai bulan Maret 2019 merupakan salah satu relawan program Nihongo Partners di SMAN 81 Jakarta.

NIHONGO Partners adalah pengirim warga Jepang sebagai tenaga Native Speaker Bahasa Jepang ke berbagai lembaga pendidikan di negara-negara ASEAN untuk menjadi mitra (Partners) Guru Bahasa Jepang dan Siswa selama kurang dari satu tahun.Tujuan program ini salah satunya adalah agar Asia saling mengenal, untuk itu diadakan pertukaran budaya antar negara negara Asia dengan memusatkan pada negara negara Asean.
Di Indonesia sendiri, pengiriman para Partners diutamakan ke SMA dan SMK yang mengajarkan Bahasa Jepang.
Sekolah penerima program NIHONGO Partners ditetapkan atas persetujuan bersama The Japan Foundation, Jakarta (JF) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud).Program ini di Indonesia dilaksanakan tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

DKI jakarta salah satu provinsi yang dapat melaksanakan program ini yaitu di SMAN 81 Kalimalang Jakarta Timur. Rudi Guru Bahasa Jepang Di SMAN 81 mengatakan bahwa program kerja sama pemerintah Jepang dengan Indonesia melalui Program Nihongo Partnes ini sudah berlangsung 4 tahun sejak 2014 lalu, untuk periode ke empat ini akan berakhir bulan Maret 2019.Menurutnya dengan datangnya Nishiyama sebagai relawan teman mengajar bahasa Jepang maka proses belajar mengajar akan lebih mudah dan aplikativ. Nishiyama bukan hanya mengajar bahasa tetapi berikut dengan budaya Jepangnya.

Japan Foundation suatu lembaga sosial nirlaba Jepang bekerjasama dengan Kemdikbud melaksanakan program program persiapan untuk lancarnya pelaksanaan Nihongo partners di Indonesia. Program pendahuluannya sebagai persiapan adalah Peningkatan Kapasitas Guru Bahasa Jepang SMA dan SMK yang menerima program NIHONGO Partners melalui pelatihan di berbagai daerah di Indonesia. Pengiriman guru bahasa Jepang SMA dan SMK yang menerima program NIHONGO Partners untuk mengikuti pelatihan di Jepang. SMAN 81 merupakan salah satu yang menerima program persiapan pendahuluan seperti ini beberapa tahun yang lalu.

Nishiyama sebagai relawan guru bahasa Jepang di SMAN 81 dalam program Nihongo Partners selalu mengikuti apa kebiasan dan keseharian Guru-Guru lainnya di SMAN 81, kebetulan saat dikunjungi seragam guru saat itu seragam guru warna biru,maka terlihat Nishiyama menggunakan seragam warna biru, begitu juga bila tanggal 25 setiap bulannya Nishiyama juga ikut berseragam batik Kusuma bangsa yaitu seragam anggota PGRI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here