Home Berita Terkini Seminar Nasional Bebaskan Pengetahuanmu: Pemanfaatan Wikipedia sebagai Sarana Pengembangan Literasi Digital

Seminar Nasional Bebaskan Pengetahuanmu: Pemanfaatan Wikipedia sebagai Sarana Pengembangan Literasi Digital

48
0

Reportase oleh: Catur Nurrochman Oktavian (redaktur majalah suaraguru)

Pengetahuan bagaikan laut tak bertepi. Tak terbatas. Mencari dan memberikan pengetahuan menjadi tugas pendidik selaku pembelajar sejati. Hal itu yang mendasari PGRI menggandeng kerjasama dengan Wikimedia Indonesia mengadakan Seminar Nasional bertajuk Bebaskan Pengetahuan: Pemanfaatan Wikipedia sebagai Sarana Pengembangan Literasi Digital. Seminar diikuti sekitar 114 orang guru Jabodetabek, Jatim, NTT, dan Papua. Kegiatan berlangsung hari Rabu(13 Februari, 2019) bertempat di Ruang Indonesia, Gedung Guru Indonesia, Kantor Pengurus Besar PGRI, Jalan Tanah Abang 3 No.24.

Seminar Nasional ini dibuka secara resmi oleh Dr.Unifah Rosyidi, M.Pd. selaku Ketua Umum Pengurus Besar PGRI. Dalam sambutannya, Unifah mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini sebagai langkah maju para guru sebagai agen perubahan di era teknologi 4.0 saat ini. “Guru dapat memanfaatkan berbagai sumber pembelajaran, bukan terpaku hanya pada buku teks saja,” ujar Unifah. Kebenaran pengetahuan juga senantiasa berkembang, bila guru senantiasa kritis menyikapii perkembangan zaman, tukas Unifah menutup sambutannya. Sebagai pembicara tunggal dalam seminar ini adalah Ichsan Mochtar selaku salah satu pendiri Wikimedia Indonesia dan Wikipediawan senior. Pemaparan Ichsan dimoderatori oleh Catur Nurrochman Oktavian, guru, penulis, dan pengurus Asosiasi Guru Penulis(AGP) PGRI salah satu satuan Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis(APKS) PGRI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here