Home Berita Terkini Hadapi Era 4.0, PGRI Lakukan Akselarasi Kemampuan Guru

Hadapi Era 4.0, PGRI Lakukan Akselarasi Kemampuan Guru

150
0
Foto : Feristiyawan

Makin beratnya tantangan yang dihadapi para guru dimasa mendatang tak membuat PGRI sebagai satu-satunya organisasi guru yang representatif menyerah, malah tantangan itu memecut para pengurusnya untuk dapat berbuat lebih baik lagi. Khususnya di tingkat nasional, PB PGRI merangkul Wikimedia yang sudah terkenal karyanya di jagat maya sebagai partner guru-guru berlatih kepenulisan khususnya di era cyber yang identik dengan kode 4.0

Secara khusus pada rabu (13/2) bertempat di Aula Indonesia, Gedung Guru Indonesia PB PGRI mengadakan seminar nasional “Bebaskan Pengetahuan : Pemanfaatan Wikipedia sebagai Sarana Pengembangan Literasi Digital”. Seminar ini dihadiri guru-guru se-Jabodetabek dan beberapa dari luar kota, acara dibuka langsung oleh Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi.

Dalam sambutannya Unifah menyerukan kepada para guru untuk melek teknologi dan juga mampu menulis. Karena di era 4.0 kemampuan berinteraksi dengan teknologi sangat diperlukan. Selain itu, jika sebelumnya bila kita memerlukan sesuatu kita dapat mengetik di wikipedia dan dengan segera informasi di dapat, saat ini guru tidak hanya pintar mencari tapi juga menuliskan informasi yang diperlukan oleh murid ataupun orang lain dengan menuliskannya semisal di laman wikipedia.

“Saat ini eranya 4.0 bahkan orang-orang diluar sana sudah memikirkan 5.0. Guru-guru tidak boleh berhenti kemampuannya sampai disini saja. Guru harus mampu menjawab tantantan jaman saat ini. Kalau dulu-dulu kita biasanya mau mencari sesuatu informasi tinggal mengetik saja di internet nanti muncul di wikipedia misalnya. Saat ini para guru harus dapat mampu menulisnya. Karenanya Ibu (sebagai Ketua Umum PGRI) merangkul wikimedia pemilik wikipedia untuk dapat berkerja sama dengan PGRI melatih para guru serta meningkatkan kemampuannya khususnya menulis. Tolong jangan disia-siakan karena tidak semua guru bisa mendapatkannya. Bapak/ibu yang hadir saat ini adalah yang beruntung mendapatkannya,” pungkas Unifah.

Turut hadir sebagai pembicara dari pihak Wikipedia Ichsan Muchtar, wikipediawan senior yang juga Wikimedia Indonesia. TYS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here