Home Berita Terkini PGRI Angkat Sumpah PPG Pertama UMJ

PGRI Angkat Sumpah PPG Pertama UMJ

271
0
Para peserta Sumpah PPG berfoto bersama Pengurus PGRI, Dekan dan para Senat FIP UMJ
Prof. H. Agus Suradika Ketua PGRI, Dr. Iswan, M.Psi. Dekan FIP UMJ dan Ir. Rohman Kepala TU

Universitas Muhammadiyah Jakarta ternyata Fakultas Ilmu Pendidikannya menyelenggarakan PPG (Pendidikan Profesi Guru) untuk para guru, terutama Guru SD dengan fasilitator Kemristek Dikti berupa pembiayaan pemerintah. Para guru yang selesai menempuh pendidikan selama satu tahun di FIP UMJ pada 19 Januari 2019 yang lalu diangkat sumpahnya sebagai profesi guru oleh Organisasi Profesi Guru yaitu PGRI.

Pengangkatan Sumpah Profesi Guru di FIP UMJ ini diselenggarakan dengan meriah seperti wisuda Sarjana. Pengangkatan Sumpah Profesi Guru ini dihadiri oleh Ketua PGRI Provinsi DKI Prof. Dr. H. Agus Suradika, Ketua PB PGRI sekaligus sebagai Ketua BPLP (Badan Pembina Lembaga Pendidikan) PGRI Pusat Prof. Dr. H. Supardi US, M.Pd., juga Sekretaris Umum PGRI Provinsi DKI Jakarta Drs. H. Adi Dasmin, MM. Demikian juga dari FIP UMJ hadir Dekan FIP Dr. Iswan, M.Psi. bersama para wakil dekan dan senat Fakultas.

Laporan dari Koordinator PPG yaitu dari Dr. Hj. Herlina Bahar, MA, menjelaskan bahwa pengangkatan sumpah Profesi Guru di UMJ ini adalah yang pertamakali dan para peserta PPG yang diselenggarakan di UMJ berdasarkan SK Menteri Ristek Dikti nomor 280/2017. “Angkatan pertama PPG ini lulus 100 % sebanyak 18 orang, dan 7 di antarannya telah lulus CPNS”, jelas Herlina. Menurut Herlina, selama setahun diselenggarakan PPG ini sejajar dengan prajabatan diberikan materi pedidikan guru dengan kegiatan workshop PPL selama 4 bulan.

Pengangkatan sumpah dipimpin oleh Prof. Dr. H. Agus Suradika selaku Ketua PGRI Provinsi DKI Jakarta didampingi oleh rohaniawan Misriandi, M.Pd. selaku salah seorang wakil dekan FIP UMJ. Selanjutnya adalah penyematan selempang dan penandatanganan sumpah oleh peserta, dekan dan Ketua PGRI Provinsi DKI Jakarta.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Iswan, M.Psi. menyatakan syukur dan bangga karena program PPG di UMJ ini merupakan mandat yang pertama dan lulus 100%. Ia menjelaskan pada PPG ini termasuk di dalamnya proses uji kinerja, proses menjadi guru yang baik melalui workshop, seminar dan PPL.

“Saya juga merasa bangga karena UMJ yang baru berusia 11 tahun telah dapat membuka 8 program studi”, jelasnya menutup sambutan.

Selanjutnya  Prof Dr. H. Agus Suradika selaku Ketua PGRI Provinsi DKI Jakarta yang juga menyatakan  rasa bangga karena UMJ dapat menyelenggarakan Sumpah Profesi Guru buat pesert PPG. “Sumpah Profesi ini baru pertama kali di Jakarta, bahkan di Indonesia.  Gelarnya adalah S.Pd. Gr” jelasnya. (Tys/Damas)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here