Home Berita Terkini WALUH DAN KECANTIKAN WANITA SUNDA

WALUH DAN KECANTIKAN WANITA SUNDA

58
0
Foto : Dolumentasi Pribadi

“Waluh ini buah yang enak dibuat kolak dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan bagi Wanita” begitu penuturan Mang Yus dengan dialek sunda kental ala Sukabumi.  Yus biasa kami panggil adalah sosok petani tangguh yang saat ini mengelola sebidang tanah tak begitu luas dengan menanaminya segala tanaman produktif, dari mulai Kayu manis,Duren dan Jengkol.  Yus bersama istrinya memanfaatkan lahan yang tak begitu luas tersebut untuk menambah kehidupan sehari hari sebagi tukang bangunan. Salah satu tanaman sampingkan selain tanaman keras mang Yus menanam juga sayuran dan tanaman semusim lainnya, seperti cabe,kangkung dan Waluh.

Saat kami sekeluarga berkunjung di kediamannya yang lebat ditumbuhi segala tanaman , mang Yus memanen satu buah waluh yang sangat besar lalu di serahkan ke istri saya dengan mengatakan bahwa waluh ini bila di masak akan bermanfaat untuk kesehatan karena dapat mencegah penyakit kanker, katarak dan menjadikan wanita awet muda.

Penasaran atas pembicaraan mang Yus saat memanen Waluh dengan mengatakan mengkonsumsi Waluh menjadikan Wanita Wanita sunda kulitnya halus, Wajah nya Cantik dan sering terhindar penyakit kanker, maka kami menulusuri data dan catatan tentang apa itu waluh?, apa itu labu? Apa kandungan dalam waluh dan apa khasiatnya?

Waluh atau biasa kita sebut dengan labu bundar merupakan salah satu buah yang digemari banyak orang karena bisa diolah menjadi berbagai macam olahan mulai dari sayur, kolak hingga kue. Harga waluh memang masih tergolong murah sehingga kebanyakan hanya dijadikan tanaman selingan oleh para petani Indonesia. Tanaman Labu ( Cucurbita Moschata Durch) ini memiliki beberapa nama dalam beberapa bahasa daerah, yaitu Labu Parang (Melayu) serta Waluh (Sunda dan Jawa Tengah).

Labu (Cucurbita spp.) adalah tumbuhan merambat penghasil buah konsumsi berukuran besar bernama sama. Tumbujan ini banyak terdapat di Amerika Utara, Eropa Tengah, Australia, Selandia Baru, India dan negara lainnya. Biasanya, yang dinamakan “Labu” dalam pengertian Waluh atau Pumpkin adalah tumbuhan yang termasuk dalam tiga  jenis Cucurbita, yaitu Cucurbita Moschata, Cucurbita Maxima,  dan Cucurbita Pepo.

Waluh didatangkan ke Indonesia dari benua Amerika diperkirakan pada abad ke-19 oleh pemerintah kolonial, meskipun ada kemungkinan sebelumnya juga sudah diperkenalkan secara perorangan. Jenis yang tumbuh di Indonesia kebanyakan adalah C. moschata dan C. pepo. Jenis-jenis ini biasanya dibedakan dari buahnya.

Perbedaan ketiga nya adalah Buah C. pepo biasanya relatif kecil dibandingkan dengan lainnya, dengan tangkai buah agak membesar di bagian perbatasan dengan buah, agak bersudut (berjumlah lima). Buah C. moschata berukuran besar, keras kulitnya, cenderung berbentuk lonjong. Daging buahnya lunak dengan rasa mulai dari tawar sampai manis. C. maxima mencakup banyak waluh berukuran besar sampai raksasa. Meskipun demikian, tumbuhan ini relatif kurang tahan kering dan panas dibandingkan jenis waluh lainnya.

Kandungan gizi labu kuning sangat amat banyak disamping itu  labu juga mengandung banyak kalori, protein, lemak, mineral, (kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium , tembaga dan seng), tiatimin, niasin, serat, dan vitamin C paling banyak kandungan nutrisi labu adalah pro-vitaman A. yaitu yang akan bagi tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh dan system reproduksi. Labu juga dikenal sebagai “rajanya sumber beta-karoten.

Mengonsumsi satu cangkir labu kuning dapat mememuhi kebutuhan vitamin A lebih dari 100 persen, vitamin C 20 persen, vitamin E, riboflavin, kalium, tembaga dan mangan hingga 10 persen, dan lima persen untuk thamin, B6, folat, asam pantotenat, niasin, besi, magnesium dan fosfor.

Jika dengan dimasak labu kuning dapat memberikan manfaat sedemikian besar, tentu labu segar akan memberikan lebih banyak manfaat. Labu kalengan juga tetap banyak nutrisinya, tetapi harus dipilih yang tidak terlalu mengandung banyak gula.

Kandungan beta-karoten yang terdapat di dalam labu, menjadikan buah ini kaya akan vitamin A. Beta-karoten, yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Pasalnya penurunan fungsi retina bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik.

Selain itu, labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bisa membantu mencegah katarak dan bahkan memperlambat perkembangan degenerasi makula.

Kandungan beta-karoten yang tinggi pada labu selain untuk mata dan kulit, juga ternyata membantu melawan kanker. Penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi makanan yang kaya beta-karoten memiliki risiko lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker, terutama kanker prostat dan kanker paru-paru.

Selain itu kandungan antioksidan dari vitamin A dan C dalam labu kuning bertindak sebagai pelindung sel dalam tubuh Anda dalam melawan radikal bebas penyebab kanker.

Manfaat labu kuning lainnya adalah merawat kecantikan kulit. Labu kuning kaya akan berbagai vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan muda. Lebih dari itu, buah yang satu ini juga mampu menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut.

Kandungan beta-karoten dalam labu menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar Ultra Violet. Itu sebabnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan beta-karoten dapat membuat Anda lebih awet muda.

Perkembangan tehnologi juga menjadikan Waluh menjadi bahan makanan dari berbagai olahan, seperti kue Tart,kue Bolu kripik dan lainnya, malah ada Mahasiswa di Salah satu Universitas sedang mengembangkan sabun kecantikan berbahan dasar Waluh.  Kedepan sebagai bahan dasar berbagai bentuk makanan sepertinya Waluh bisa menjadi bahan alternatif sebagai pengganti beras dan terigu.

Kandungan , Vitamin A , Vitamin C dan  beta-karoten yang tinggi  dalam kandungan Waluh ,baik waluh kuning maupun waluh siam,kemungkinan besar  menjadikan wanita wanita sunda yang mengkonsumsi nya mengkibatkan terhindar dari penyakit kanker, kulitnya halus dan awet muda dan selalu cantik.

#disarikan dari berbagai sumber.

#didisuprijadi.caleg Gerindra no 4 dapil DKI l

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here