Home Tak Berkategori Selamat Datang Dirjen GTK Baru

Selamat Datang Dirjen GTK Baru

297
0
Foto Bersama Dirjen GTK dan Istri bersama Ketua Umum PB PGRI

Mendikbud melantik Supriano sebagai Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) di Graha Utama kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Jumat (20/7/2018) sore. Selain Dirjen GTK, Mendikbud juga melantik dua pejabat tinggi pratama Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) dan pejabat fungsional.

“Kita punya tugas besar ke depan bagaimana supaya antarunit utama bisa bersinergi, bersatu dan tidak berjalan sendiri-sendiri. Termasuk dalam meningkatkan efisiensi. Tidak tumpang tindih satu sama lain, agar anggaran dapat dioptimalkan. Anggaran boleh sedikit tetapi kinerja harus tetap terjaga dan meningkat,” disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy.

Mendikbud menyaksikan penandatanganan naskah serah terima jabatan dari Hamid Muhammad selaku Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen GTK, kepada Supriano yang sebelumnya mengemban amanah sebagai Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

” Selamat kepada Bapak Hamid Muhammad, terima kasih atas kesediaannya menjabat sebagai Pelaksana Tugas Dirjen GTK. Saya harap apa yang dilakukan Pak Hamid bisa dilanjutkan oleh pejabat baru,” tutur Menteri Muhadjir.

Sedangkan  Raden Ruli Basuni dilantik sebagai Kepala P4TK Pertanian. Subandi dilantik sebagai Kepala P4TK Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PKN dan IPS).  Mendikbud juga melantik 17 pejabat fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP), Widyaiswara, dan Pranata Komputer di lingkungan Kemendikbud.

Mendikbud berharap mereka dapat bekerja profesional, kreatif. “Jangan menunggu perintah, tetapi harus berani melakukan langkah-langkah yang menjadi tugas masing-masing,” ujar Mendikbud.

Mendikbud mengajak para pejabat yang baru dilantik dan mereka yang hadir dalam pelantikan  untuk menyatukan tekad dan semangat, bahu-membahu membangun pendidikan Indonesia.

Dirjen GTK yang baru harus tancap gas.  Masalah guru dapat segera tuntas di tahun 2019. Jangan menunggu harus bekerja keras, bisa mencari solusi yang kreatif. Begitu, pesan Mendikbud kepada Dirjen GTK yang baru.

Menyinggung tradisi pergantian pejabat di Kemendikbud, Muhadjir menyatakan, dirinya harus melakukan penyegaran jajaran pejabat tinggi pratama, administrator, dan pengawas, serta pejabat fungsional tertentu di lingkungan Kemendikbud> Ada 105 orang pegawai mendapatkan promosi, dan penempatan ulang demi menjalankan amanat undang-undang ASN.

“Sekarang harus ada tradisi di sini, yaitu mutasi dan rotasi; dalam rangka tour of duty dan tour of area. Termasuk pengalaman lapangan. Mestinya tidak boleh ada pejabat yang tidak pernah ditugaskan di luar Jakarta,” tuturnya tegas.

Ia juga mengharapkan agar kinerja Kemendikbud yang sudah diapresiasi baik dapat menjadi semakin baik. Guru besar Universitas Negeri Malang ini menginginkan agar para pejabat dapat meningkatkan daya juang dan inovasi. “Jangan lagi berpikir terkotak-kotak. Berpikir dan bekerja sebagai satu kesatuan kementerian. Tingkatkan koordinasi antar unit dan saling bersinergi antar UPT,” tuturnya.

Di jajaran pejabat pimpinan tinggi Ditjen GTK, Muhamad Muhadjir dilantik sebagai Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni Budaya. Sedangkan di jajaran Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen), Khamim, dilantik menjadi Direktur Pembinaan Sekolah Dasar.

Dalam kesempatan itu juga Maralus Panggabean dilantik sebagai auditor ahli utama. Mendikbud juga melantik 102 pejabat administrator, dan pengawas di berbagai unit kerja.”Saya berharap sistem pengawasan di Kemendikbud semakin transparan, akuntabel, dan punya self responsibility yang andal,” pesan Mendikbud.

Menutup sambutannya, Mendikbud menitipkan pesan agar para pejabat dan pegawai dapat menghindarkan diri dari prasangka buruk dan ikut menyebarkan hasutan. “Saya harap kita dapat saling mencintai, menghormati, menghargai agar tercipta suasana kerja yang baik. Marilah kita jaga keutuhan Kemendikbud ini agar kinerja kita semakin baik,” pesan Muhadjir. (Gun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here